Jelang Ramadan Harga Ayam Potong di Banda Aceh Capai Rp70 Ribu Per Ekor



“Bukan lagi naik, sangat naik harga ayamnya sekarang,” kata Maulidin, salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Al Mahirah Lamdingin, Banda Aceh, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Sabtu (9/3).

Menurut Maulidin, kenaikan harga ayam potong disebabkan kurangnya pasokan dari peternak lokal. Sehingga, para pedagang ayam memesan dan mengambil dari peternakan di Medan, Sumatera Utara (Sumut).



“Harga ayam sudah sesuai dengan patokan dari Medan. Sehingga, kami pedagang memilih untuk menaikkan harga ayam yang sebelumnya hanya (Rp) 55 ribu per Kg,” ujarnya.

Walaupun saat ini sudah masuk hari Meugang dan harga ayam naik, namun hal tersebut menurut Maulidin tidak mempengaruhi daya beli masyarakat.

Bukan hanya ayam potong broiler, harga unggas jenis bebek dan ayam kampung juga ikut mengalami kenaikan saat meugang. Saat ini harga ayam kampung jantan dijual Rp150 ribu per ekor. Sementara untuk ayam betina Rp120 ribu per ekor.

Harga bebek betina juga mengalami kenaikan yaitu Rp 100 ribu per ekor. Sedangkan untuk bebek jantan Rp250 ribu per ekor.

“Lagi naik, karena meugang, biasanya (harga) di bawah itu,” kata Saiful, salah seorang penjual unggas yang juga berjualan di pasar Al Mahirah Lamdingin.

Menurut Saiful, kenaikan harga bebek dan ayam kampung, tidak perlu ditanggapi serius oleh masyarakat. Sebab saat meugang, warga telah menyiapkan rezekinya untuk tradisi menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Polda Jatim Siaga di Jalur Bandara, Pelabuhan dan Terminal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *