Wisata Bukit Embun, The Real Negeri di Atas Awan



Tak kalah indahnya salah satu wisata alam yang baru dibuka pada akhir tahun lalu yaitu, Bukit Embun yang terdapat di Pekon (Desa) Sedampah Indah kecamatan Balikbukit.

Wisata yang menyuguhkan pemandangan bentangan kabupaten Lampung Barat tersebut sering disambangi oleh kalangan anak muda untuk menikmati indahnya alam dan juga menghabiskan waktu di akhir pekan.



Kepada Kantor Berita RMOLLampung, pengelola sekaligus pemilik wisata Bukit Embun Yogi Sasongko, menyampaikan, pengambilan nama wisata Bukit Embun sendiri dikarenakan berada di wilayah perbukitan yang setiap harinya terdapat kabut dan masyarakat setempat menyebutnya dengan embun.

“Maka dari itu disebut dengan Bukit Embun, ini wisata alam yang bisa digunakan untuk ber-camping dan menikmati pemandangan alam Lampung Barat,” kata dia, Selasa (20/2).

Menurutnya, pengunjung yang datang ke wisata itu lebih banyak anak muda yang memang suka berwisata di alam, meskipun demikian ada juga wisatawan yang berkunjung bersama keluarga, teman bahkan pacar.

“Wisata ini sendiri mulai dikelola dan dibuka pada akhir tahun lalu tepatnya pada saat pergantian tahun yakni tahun baru,” jelasnya.

Dirinya menyampaikan, ide awal untuk membuka wisata tersebut dikarenakan dirinya juga mempunyai hobi berpetualang dan camping.

“Sedangkan di Pekon Sedampah Indah ini punya tempat tersendiri, maka dari itu saya bersama beberapa kawan saya terpikirkan untuk menjadikan ini tempat camping,” ujar Yogi.

Kemudian, dirinya menerangkan, terdapat beberapa fasilitas yang disediakan di wisata Bukit Embun itu seperti toilet, kantin dan tempat menegakkan tenda.

“Karena masyarakat juga saat pagi hari ada yang datang berkunjung ke sini untuk melihat view embun-embun di pagi hari,” terangnya.

Lebih lanjut, Yogi menjelaskan, di wisata Bukit Embun sendiri saat ini dapat menampung hingga sebanyak 40 tenda dengan kapasitas 4 orang, kendati demikian pihaknya akan berusaha untuk menambahkan tempat dan fasilitas lagi.

Baca Juga  Cak Imin Ajak Umat Fokus Ibadah Ramadan

“Ke depannya fasilitas akan lebih kami perbaiki dan akan ada tempat camping yang baru yakni tempat yang memang dikhususkan untuk pengunjung VIP,” ucapnya.

Wisata itu sendiri hingga saat ini masih dikelola secara perorangan, meskipun kendalanya hanyalah akses menuju wisata tersebut yang memang dapat dikatakan butuh perhatian dari pemerintah.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Rio Kurniawan, menurutnya wisata Bukit Embun merupakan tempatnya anak muda yang suka berekreasi bersama kawan maupun sanak saudara untuk berkumpul.

“Tempatnya memang bagus dan rapi, karena di sini bersama keluarga kita dapat menghabisi waktu luang, apalagi bisa melihat awan yang ada di Kota Liwa, ya inilah the real Negeri di Atas Awan,” beber dia.

Kendati begitu, dirinya hanya menyayangkan akses jalan utama untuk menuju wisata tersebut, yang mana jalan tersebut juga merupakan akses utama untuk menuju Pekon Sedampah Indah.

“Jalan untuk naik ke atas (ke Pekon Sedampah Indah) ini yang lumayan sulit di akses, kalau jalan untuk menuju wisatanya sendiri lumayan bagus,” ucap Rio.

Dirinya juga berharap kepada pemerintah kabupaten Lampung Barat maupun Dinas terkait untuk dapat meningkatkan jalan tersebut.

“Ya harapannya jalannya bisa diperbaiki si, karena kalau jalan nya bagus ekonomi masyarakat di sini juga jadi lebih baik, apalagi ada wisata begini jadi banyak juga orang luar yang datang berkunjung nantinya,” pungkasnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *