30 Pesawat TNI Siap Atraksi di Langit Istana Negara Pada Perayaan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

Tak Berkategori

Senin, 14 Agustus 2023 – 11:44 WIB

Jakarta – TNI akan mengerahkan 30 unsur pesawat berbagai jenis untuk terlibat dalam atraksi demo udara HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Baca Juga :

Pasukan Iblis Dnipro Ukraina Pemukul Rusia Ternyata Bentukan Marinir Inggris

30 pesawat TNI itu mulai menjalani geladi kotor sejak hari Minggu, 13 Agustus 2023 kemarin. Dan pesawat dari tiga Matra TNI itu kini dipusatkan di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

30 pesawat yang akan dikerahkan untuk demo udara di sekitar langit Istana Negara Republik Indonesia itu terdiri dari 10 pesawat tempur F-16 milik TNI AU, enam pesawat KT-1B Wongbee, delapan helikopter Tri Matra TNI, lima helikopter Colibri dan satu pesawat Boeing 737 TNI AU.

Baca Juga :

Arti Bintang Republik Indonesia Adipradana yang Diberikan Jokowi ke Iriana

Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati mengatakan, 10 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon rencananya akan melaksanakan flypast membentuk formasi Diamond dan Bomburst di sekitar Istana Negara. 

Kemudian, dilanjutkan dengan delapan helikopter tri matra TNI yang terbagi dalam dua element dengan membawa dua bendera Merah-Putih ukuran besar. 

Baca Juga :

Dapat Cuan Besar, Pekerja Pabrik Bocorkan Rahasia Militer China ke CIA

“Kemudian dilanjutkan dengan penampilan enam pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang melaksanakan enam manuver udara, yakni Half Cuban, Five Card Loop, Cross Over Brake, Jupiter Wheel, dan Screw Roll, serta manuver Love and Bomburst,” kata Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Senin, 14 Agustus 2023.

Tim Jupiter Aerobatic Show Pesawat TNI AU meriahkan MotoGP Mandalika

Photo :

  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Halaman Selanjutnya

Tidak hanya itu, kata Agung Sasongko, selain menampilkan Jupiter Aerobatic Team (JAT) masyarakat Jakarta juga akan disuguhkan dengan atraksi atau demo udara empat helikopter EC-120B Colibri yang akan melaksanakan manuver udara Break Off dan Pegasus Cross pada phase 1. Pada phase 2 Dynamic Pegasus empat helikopter Colibri itu akan melaksanakan manuver udara berupa Windmill, Gemufamire dan Pegasus Kiss.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *