4 Faktor Kadar Gula Darah Kerap Tinggi di Pagi Hari

Tak Berkategori

CANTIKA.COM, JakartaDiabetes menyebar seperti epidemi. Miliaran orang menghadapi gangguan gaya hidup ini setiap hari dan beberapa penelitian memperkirakan insiden penyakit yang lebih tinggi dalam dekade berikutnya. Di India, lebih dari 100 juta orang dewasa menderita diabetes dan 136 juta orang berada di zona pra-diabetes, yang berarti mereka dapat terkena diabetes dengan cepat. Maka dari itu, untuk mencegah atau mengatasi diabetes, tidak boleh abaikan kadar gula darah dalam tubuh.

Perlu kita ketahui bersama, kadar gula darah kerap tinggi di pagi hari. Kondisi itu disebabkan beberapa varial penyebab termasuk fenomena fajar. Fenomena di mana pelepasan hormon seperti kortisol dan hormon pertumbuhan menyebabkan hati melepaskan glukosa ke dalam aliran darah di pagi hari, menurut Dr. Bimal Chhajer, mantan konsultan di AIIMS & Director, SAAOL Heart Centre, New Delhi, India.

Selain fenomena fajar, hormon kortisol bisa memengaruhi kadar gula darah yang meninggi di awal hari.

“Kortisol, yang secara alami memuncak di pagi hari, dapat berkontribusi terhadap resistensi insulin, berpotensi menyebabkan kadar gula darah yang lebih tinggi. Untuk beberapa individu, mungkin ada keterlambatan respons insulin terhadap makanan yang dikonsumsi pada malam sebelumnya, yang selanjutnya berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah di pagi hari,” jelasnya dikutip dari laman Times of India, Minggu, 20 Agustus 2023.

Faktor ketiga penyebab kadar gula sering naik di pagi hari adalah efek somogyi atau somogyi effect. Apa itu? Efek yang terjadi ketika kadar gula darah turun sepanjang malam, dan kemudian dinaikkan oleh hormon yang berfungsi sebagai counter-regulator di pagi hari.

Faktor yang keempat adalah faktor lain seperti aktivitas fisik sepanjang malam dan waktu pemberian dosis obat juga berkontribusi terhadap kadar gula darah meninggi di pagi hari. Selain itu, keputusan diet, terutama mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat sebelum tidur, dapat memengaruhi kadar gula darah di pagi hari. “Pemantauan yang cermat dan campuran perubahan pola makan, manajemen pengobatan, dan nasihat medis sering digunakan untuk mengatur perubahan kadar gula darah tersebut,” kata Dr Chhajer.

Pilihan Editor: 7 Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Kadar Gula Darah Stabil

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *