4 Tips Aman Beraktivitas di Luar Rumah Saat Cuaca Panas

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Saat ini, Indonesia tengah dilanda cuaca panas dan polisi udara yang buruk bagi kesehatan. Tentu hal ini membuat Anda harus lebih hati-hati jika beraktivitas di luar rumah.  

Dikutip dari WebMD, penelitian menunjukkan bahwa udara luar memiliki terlalu banyak polutan, terutama zat beracun buatan manusia, paparan jangka panjang terhadapnya dapat menyebabkan berbagai penyakit dan melukai tubuh Anda dengan beberapa cara. Ini dapat mencakup masalah kesehatan seperti asma, alergi, dan jenis kanker tertentu.

4 Tips 

Berikut beberapa tips aktivitas di luar rumah saat panas dan hindari debu yang membahayakan bagi kesehatan, diantaranya:

1. Gunakan Tabir Surya 

Menggunakan tabir surya atau sunscreen menjadi hal yang wajib dilakukan, baik itu saat cuaca panas, mendung, atau bahkan hujan. Jika akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca sedang panas, kulit jadi rentan kering dan iritasi. Skincare ini akan melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan memicu penuaan dini, dikutip dari dinkes.bengkaliskab.go.id 

Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30. Oleskan kembali setiap 2 jam atau lebih sering kalau kamu sedang beraktivitas di bawah terik matahari. 

2. Gunakan Masker

Saat beraktivitas di luar rumah, sebaiknya gunakan masker untuk menghindari debu. Setiap orang yang berisiko tinggi terpapar debu jalanan saat beraktivitas di luar ruangan sangat disarankan untuk memakai masker hidung. 

Iklan

3. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Saat cuaca panas, jangan lupa untuk memenuhi cairan tubuh dengan meminum air putih. Minumlah secara teratur agar tubuh tetap terhidrasi, tetapi hindari alkohol dan terlalu banyak kafein dan gula.  

Selain itu, jika biasanya mandi dengan air panas, saat cuaca terik, mandilah dengan air dingin. Saat cuaca panas, tubuh akan mudah berkeringat untuk mendinginkan suhu badan. Kenakan pakaian yang ringan dan longgar untuk menghindari gampang berkeringat. 

4. Ganti pakaian Anda setelah keluar ruangan

Dikutip dari pemkomedan.go.id, pakaian Anda juga dapat membawa debu, terlebih jika Anda banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, terutama dalam situasi cuaca panas. Debu mungkin akan menempel di pakaian Anda, jadi segera ganti pakaian Anda setelah Anda masuk ke dalam rumah. Akan lebih baik jika Anda segera mencuci baju agar rumah terbebas dari debu yang dapat menyebabkan alergi. 

Pilihan editor: Bolehkah Minum-minuman Dingin kala Cuaca Panas



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *