Beda Miss Universe dengan Kontes Kecantikan Lain

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Berbagai kasus yang menerpa Miss Universe Indonesia, termasuk sesi foto tanpa busana, membuat semakin banyak orang yang ingin tahu mengenai kontes kecantikan ini. Ada empat kontes kecantikan yang disebut sebagai Empat Besar. Selain Miss Universe, ada pula Miss World, Miss International, dan Miss Earth.

Menurut laman Wikipedia, Miss World adalah kontes kecantikan tertua yang masih bertahan sampai sekarang. Kontes ini pertama diselenggarakan di Inggris oleh Eric Morley pada 1951. Sejak kematiannya pada tahun 2000, istrinya, Julia Morley, mengetuai penyelenggaraannya.

Sementara Miss Universe adalah kontes kecantikan internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Organisasi Miss Universe. Kontes ini didirikan pada 1952 oleh perusahaan busana California Pacific Mills dan kemudian menjadi bagian dari Kayser-Roth, lalu Industri Gulf+Western, sebelum diakuisisi oleh Donald Trump pada 1996 [dan sekarang dipegang oleh JKN Global Group.

Miss International juga dikenal dengan nama Miss International Beauty dan pertama digelar padsa 1960 dan diorganisir oleh The International Culture Association yang berbasis di Tokyo, Jepang. Kontestannya diharapkan dapat bertugas sebagai “Duta Perdamaian dan Kecantikan”, yang ditunjukkan melalui kelembutan, kebaikan, persahabatan, keindahan, kecerdasan, kemampuan untuk mengambil tindakan, dan kepekaan internasional. Tujuan akhir dari Miss International adalah mempromosikan perdamaian dunia, itikad baik, dan pemahaman.

Miss Meksiko, Vanessa Ponce de Leon, 26 tahun, mengibarkan bendera nasionalnya setelah terpilih menjadi pemenang Miss World 2018 di Sanya, Pulau Hainan, Cina, 8 Desember 2018. REUTERS/Jason Lee

Iklan

Sedangkan Miss Earth adalah kontes kecantikan dengan tema lingkungan dan para peserta juga memiliki tugas untuk mempromosikan lingkungan. Inilah kontes kecantikan termuda karena mulai digelar pada 2001 dan berafiliasi dengan organisasi lingkungan macam  Greenpeace, World Wildlife Foundation, dan United Nations Environment Program.

Selain untuk wanita, ada pula kontes untuk pria dengan nama Mr World yang mulai diadakan sejak 1996. Melansir thenationalnews, peserta kontes ini harus menjalani tes olahraga, bakat, popularitas, dan menjadi model. Pemegang gelar pada 2022 adalah Jack Heslewood dari Inggris, seorang pakar ruang angkasa, mantan ilmuwan roket di Marshall Aerospace yang juga punya gelar Master di bisnis.

Ada pula Mrs Universe yang diperuntukkan buat wanita yang sudah menikah dan pertama dihelat di Sofia, Bulgaria, pada 2007. Pesertanya berusia 18-55 tahun dengan latar pekerja atau terkait organisasi amal.

Pilihan Editor: Ramai soal Miss Universe Indonesia, Berikut yang Perlu Diketahui untuk Ikut Kontes Kecantikan Ini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *