Polusi Jakarta Berisiko Pada Penurunan Fungsi Paru hingga Peningkatan Bolos Kerja

Tak Berkategori

Jumat, 18 Agustus 2023 – 12:40 WIB

JAKARTA – Masalah polusi udara di Jakarta, belakangan ini terus menjadi perhatian. Seperti diketahui, polusi udara dapat menyebabkan masalah kesehatan serius mulai dari infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) bahkan hingga masalah terkait kardiovaskular.

Baca Juga :

Miris, WHO Sebut 2 Juta Kematian di Asia Tenggara Terkait Polusi Udara

Polusi udara adalah campuran partikel kompleks dan gas yang berasal dari antropogenik dan alam yang mengalami modifikasi secara kimia di atmosfer.

Spesialis paru konsultan, dr. Nuryunita Nainggolan, Sp.P (K) menjelaskan, beberapa data penelitian di Asia Pasifik menunjukkan bahwa pajanan polusi udara jangka pendek berhubungan dengan peningkatan gejala pernapasan seperti batuk, sesak napas dan peningkatan kunjungan rumah sakit karena infeksi saluran pernapasan, serangan asma dan PPOK.

Baca Juga :

Pernah Saat Pandemi, Heru Budi Yakin Kerja WFH ASN Pemprov DKI Akan Efektif

Ilustrasi polusi di Kota Jakarta

“Pajanan polusi udara jangka panjang (kronik) berhubungan dengan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), penurunan fungsi paru, peningkatan risiko timbul asma dan PPOK serta kanker paru,” kata dia.

Baca Juga :

Kualitas Udara di Indonesia Masih Tak Sehat, Jakarta Urutan 7 Paling Berpolusi, Tangsel Nomor 1

Nuryunita mengatakan, WHO memperkirakan bahwa penyakit tidak menular (PTM) yaitu stroke, jantung iskemik, PPOK dan kanker paru terkait polusi udara menyebabkan 62.000 kematian di Indonesia tahun 2012. 

Sementara itu, berdasarkan beberapa penelitian lokal di Indonesia menunjukkan polusi udara berhubungan dengan masalah kesehatan paru seperti penurunan fungsi paru sebesar 21 persen sampai 24 persen, asma sebesar 1,3 persen, PPOK prevalensi 6,3 persen pada bukan perokok, dan kanker paru 4 persen dari kasus kanker paru.

Halaman Selanjutnya

Di sisi lain polusi udara harus menjadi perhatian serius semua pihak karena berdampak juga pada penurunan produktivitas kerja, angka bolos sekolah dan mangkir kerja karena menderita sakit akibat dampak polusi udara yang buruk. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *